happy time · journey

My Korea Trip #4 (Recommended Hotel in Busan)

Haloo… Sesuai janji, saya akan menyediakan satu postingan khusus tentang tempat saya menginap selama 8 hari 7 malam di Busan, Korea Selatan. Namanya adalah Business Hotel Haeundae S di Haeundae, Busan.

Mengapa saya memilih hotel ini?

Pertama, karena dekat dengan lokasi conference. International conference yang saya ikuti digelar selama enam hari di Busan Exhibition and Convention Center (BEXCO) di Haeundae. BEXCO letaknya agak di tengah kota, di deretan bangunan tinggi sehingga otomatis hotel-hotel yang berlokasi dekat sekali dengan BEXCO mematok tarif yang cukup tinggi. Solusinya, saya mencari hotel yang tidak terlalu dekat tapi tidak terlalu jauh juga. Business Hotel Haeundae S hanya berjarak 3 stasiun dari BEXCO, dengan jarak tempuh total jalan kaki plus naik subway (MRT) sekitar 15 menit saja.

Kedua, karena lokasinya yang agak ke pinggiran kota, tarifnya lebih murah. Lebih murah di sini relatif yaaa, perbandingan yang saya pakai adalah hotel-hotel lain di sekitar lokasi conference (dekat BEXCO) dan hotel-hotel lain di sekitar Haeundae. Selama tujuh malam, saya dikenakan biaya NT$15.000 atau sekitar enam juta rupiah untuk kamar double bed (dua orang, maksimal tiga orang). Saya melakukan booking sekitar satu bulan sebelum tanggal check-in tapi sudah kehabisan kamar untuk satu orang (single room). Maklum, saat itu adalah libur musim panas. Saya cek untuk kamar satu orang tarifnya sekitar NT8.000 atau sekitar 3 juta rupiah untuk tujuh malam. Kenapa saya keukeuh tinggal di sini padahal adanya kamar double bed, nggak nyari hotel lain yang single bed aja? Alasannya dua: pertama karena memang sudah tidak mudah lagi mencari kamar di hotel lain saat peak season (musim liburan); dan yang kedua karena saya dibayarin lab kalo untuk transportasi dan akomodasi, jadi saya agak semena-mena dan nggak khawatir πŸ˜†

Ketiga, karena review-review pengunjungnya bagus sekali. Saya mencari hotel melalui platform Agoda, dan kesan-kesan yang ditinggalkan mereka yang pernah berkunjung ke sana bagus-bagus. Lewat Agoda pula saya bisa melihat foto-foto yang diunggah oleh hotel maupun yang diunggah oleh pengunjung. Review-review yang bagus itu seperti kamar yang bersih dan nyaman, kamar mandi bersih dan air tidak rewel, ada layanan membersihkan kamar jika tinggal lebih dari semalam, ada fasilitas laundry dan sewa sepeda, juga staf hotel yang ramah dan fasih berbahasa inggris, korea, dan mandarin.

Tak jarang kita temui foto-foto yang bagus oleh manajemen hotel tapi begitu melihat review pengunjung, ternyata kasurnya sudah lapuk dan berbau, juga lorong kamar sudah tua dan kotor, dsb. Kamar mandi yang nyaman juga sangat penting menurut saya, terlebih karena saya akan tinggal lebih dari semalam. Pihak hotel tidak pelit menyiapkan sabun mandi cair, sampo, dan conditioner. Fasilitas laundry yang disediakan juga mempermudah pengunjung yang berencana tinggal dalam waktu lama. Di setiap kamar bahkan disediakan jemuran lipat untuk menjemur handuk dan pakaian. Staf hotel yang fasih berbahasa inggris saya rasa cukup penting karena saya adalah pendatang dari luar Korea, sehingga tentu saja banyak yang perlu saya ketahui dengan bertanya kepada mereka. Intinya, jangan hanya terpaku pada foto-foto oleh manajemen hotel, review pengunjung jauh lebih penting meskipun terkadang review cenderung terlalu subjektif tergantung pengalaman masing-masing orang.

Oke, jadi, itulah alasan saya memilih Business Hotel Haeundae S. Lantas setelah datang dan menginap, bagaimana kesan saya? Puaasss sekali.

Semuanya sesuai dengan deskripsi dan review. Hotelnya memang tidak besar, tapi bersih, wangi, dan nyaman sekali. Stop kontak (tempat buat colokannya) banyak, ada yang di dekat tempat tidur, di atas meja dekat televisi, jadi nggak repot kalo mau nge-charge banyak device. Ada teko untuk masak air juga, jadi kalo mau nyeduh mie instan nggak perlu repot minta air. Ada kulkas kecil di tiap kamar baut nyimpan minuman dan makanan. Ada fasilitas free wifi dan tv kabel dengan saluran internasional juga.

Saya terutama puas soal sarapan. Saat booking, sebenarnya saya agak kecewa karena hotel tidak menyediakan sarapan. Jadilah saya membawa banyak popmie dan mie instan untuk sarapan. Tapi ternyataaa hotel menyediakan simple breakfast berupa telur rebus, roti dan selai, jus jeruk, kopi, dan teh yang bisa kita ambil sepuasnya. Saya pikir ini sudah lebih dari cukup. Biasanya saya mengambil tiga butir telur rebus, empat tangkup roti bakar plus selai dan mentega, secangkir kecil teh dan dua gelas jus jeruk itu sudah cukup kenyang πŸ˜€ kadang saya malah mengambil dua-tiga butir telur rebus lagi buat bekal jalan-jalan πŸ˜€

Berikut jepretan saya sendiri, jelek ya? Soalnya itu jepretan seadanya buat dikirim ke ibu karena ibu saya penasaran hotelnya seperti apa. Kalo mau lihat foto-foto yang lain, mungkin bisa dilanjut googling sendiri πŸ˜€ di sini saya sisipkan juga beberapa foto yang saya comot dari Agoda yaaa πŸ˜€

Buat yang penasaran, sila langsung ke tautan hotel ini πŸ˜€ >> https://www.agoda.com/business-hotel-haeundae-s/hotel/busan-kr.html

s__2826332
Bagian depan luar hotel, hotelnya kalah besar dengan hotel-hotel lain di sekitarnya.

 

s__2826333
Plang hotel dalam bahasa Korea.

 

s__2826334
Ini tempat buat sarapan πŸ˜€ itu botol selai, bukan saos πŸ˜€

 

s__2826335
Masih di ruang tunggu yang biasa dibuat sarapan. Ada pemanggang roti, microwave, coffe maker, dan macem-macem.

 

s__2826337
Kamar mandinya bersiihh πŸ˜€

 

s__2826338
Meja dekat televisi sudah agak berantakan dengan barang-barang saya πŸ˜€

 

s__2826339
Double-bed πŸ˜€

 

s__2826340
Pintunya ada dua. Pintu yang menghubungkan lorong kamar dengan kamar, dan pintu yang menghubungkan tempat sepatu/sandal dengan bagian kamar yang lebih dalam.

51955061
Persis seperti inilah kamar yang saya tempati. (sumber: Agoda)

 

s__2826336
Perbekalan saya: berbungkus-bungkus mie instan dan popmie. Nggak sehat banget ya? Haha biarlah cuma semingguan doang πŸ˜€ Ada juga sosis-sosis dan eggrolls api ketutupan mie instan.

 

4 thoughts on “My Korea Trip #4 (Recommended Hotel in Busan)

**Silakan Berkomentar~! ^.^

