journey

Hiking di Igidae Coastal Park, Busan

Kegemaran hiking selama di Taiwan saya bawa pula ke Busan, dengan tekad, “Saya harus sempat hiking di Busan!” 😀

Saat itu hari Jumat, cuaca di Haeundae dan sekitarnya agak mendung dan sangat berangin, tapi jalan-jalan tetep harus jadi dong. By the way, angin di Busan kenceng banget lho, sehari-harinya aja kalo ada angin yang kayak mau datang taifun kalo di Taiwan itu mah wajar. Apa mungkin juga karena saya di daerah pantai ya, hehe.

Selesai sarapan beberapa tangkup roti bakar, telur rebus, dan jus jeruk, saya keluar hotel pukul 8.30 dan langsung menuju Busan Museum dengan MRT dilanjut berjalan kaki. Saya ada janji jam 10 pagi dengan ibu-ibu penjaga museum buat foto-foto make hanbok XD karena masih kepagian, saya jalan agak santai dan banyak motret-motret sekitar juga. Sesampai di museum, saya langsung request kostum Uinyeo (semacam tabib wanita di Joseon era, kayak Dae Jang-Geum gitu). Habis foto-foto, langsung deh saya cuss ke Igidae, yang katanya peta sih deket dari Busan Museum.

Naik bis dari halte tepat di sebelah museum, saya agak deg-deg-an dan memantau google maps terus, jangan sampe kelewatan tempat berhenti. Bener aja, gara-gara asik ngeliatin pertokoan, pemberhentian di jalur masuk Igidae kelewatan. Berbeda dengan Taiwan, destinasi wisata di Busan agak susah dijangkaunya dari transportasi umum. Akhirnya dimulailah perjuangan mencari Igidae.

Saya muter-muter di sekitar perumahan situ, berbekal maps aja. Setelah setengah jam lebih kesasar dan hampir putus asa, akhirnya ketemu jalur masuknya. Baru jalur masuknya lho ya. Jalan lagi sekitar sepuluh menit, nemu ahjumma-ahjumma duduk di pondokan ngerumpi, saya samperin aja terus nanya pake Bahasa inggris. Sesuai dugaan, merekanya nggak mudeng, akhirnya keluarlah jurus maksa “Igidae, odii?” hahaha 😆 mereka nunjuk-nunjuk jalan aja sambil ngomong yang saya nggak ngerti, tapi bagi saya udah lebih dari cukup, yang penting saya berada di jalan yang benar.

Singkat cerita, sampailah saya. Igidae ini tempat yang untuk kesananya paling menguras tenaga, waktu, dan emosi, tapi semuanya langsung terbayar begitu sampai di sana. Biasa, kita selalu gitu kan ya, nyadarnya telat, yang indah-indah memang perlu usaha lebih buat ngedapetinnya.

Igidae coastal park adalah sebuah taman lindung berupa jalur hiking sepanjang kurang lebih 5 km di pesisir timur Busan dan berakhir di Oryukdo islands (tempat wisata terkenal lainnya). Jadi ya, di kanan jalur ada bukit dan tebing, di kirinya samudera pasifik.

Saya ulangi lagi, saat itu hari Jumat, jadi jalur hiking sepiii banget. Sepanjang 5 km itu, mungkin saya hanya berpapasan dengan selusin orang. Kalo lagi di jalur yang terbuka ke pantai sih asik, tapi begitu masuk hutan yang tertutup pohon-pohon besar, agak deg-deg-an juga sih, soalnya saya sendirian. Tolah-toleh kanan-kiri depan-belakang tetep aja nggak ada orang, kalo saya pulang bawa “oleh-oleh” gimana 😆

Oke, berikut foto-foto (no filter!) sepanjang jalur hiking, atau trekking, bebas deh disebut apa…

Tepat setelah jalur masuk (saya masuk lewat Dongsaengmal hiking trail), saya memotret ini. Dari Igidae, kelihatan beberapa ikon terkenal Busan sekaligus: Gwangalli bridge, Nurimaru APEC House, juga Haeundae Beach. Lihat mendungnya!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jalurnya begini, jalanan setapak berbatu yang agak rusak. Kena ombak (?)

Kalo mau pilih jalur yang masuk hutan bisa juga, tapi cuma beberapa puluh meter aja saya nyoba jalan setapak ini, lebih enak yang deket pantai. Aslinya sih takut di hutan sendirian 😆

Balik ke sebelah lauuuttt 😀

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Noleh ke bawah 😀 lihat, bumi itu bulat, Pak, karena klepon lebih enak ketimbang lapis legit… *krik krik*

Ngeri-ngeri sedap XD

Ada juga yang datang untuk melukis! Daebak!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Cellphone stand. Di beberapa destinasi wisata di Korea, akan kita temui “cellphone stand” yang fungsinya adalah tempat duduk/berdirinya ponsel selagi ponsel mengambil gambar dalam mode otomatis/timer. Cellphone stand ini berguna sekali buat pasangan yang lagi kencan atau traveler yang jalan-jalan sendirian dan pengen punya foto diri plus pemandangan tapi bukan selfie dan sungkan mau minta tolong orang. Cellphone stand ini bisa diputar 360 derajat tergantung kita mau latar pemandangan seperti apa, juga penyangganya terbuat dari bahan karet yang elastis jadi ponsel merk dan ukuran apa saja bisa masuk.

Pas ngelewatin terowongan dari sulur pohon dan dedaunan itu, saya refleks bersenandung pelan buat menyemangati diri sendiri. Dasarnya penakut :p

Hampir sampai di ujung hiking trail, dari sini kelihatan Oryukdo Skywalk plus pulau-pulaunya 😀

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Hiking trail ini berakhir di Oryukdo skywalk. Saya merasa beruntung memilih hari ini untuk hiking, karena jalurnya lumayan jauh, 5 km dan isinya naik-turun terus nggak ada datarnya >.< tapi cuaca mendukung: mendungnya banget tapi nggak hujan, anginnya juga kenceng. Bahkan ketika sampai di Oryukdo, Oryukdo skywalk sempat ditutup dan orang-orang harus berjalan menerjang kencangnya angin. Padahal saat itu summer (musim panas) dan hari-hari sebelumnya cerah panas teruss. Sebagai informasi, Oryukdo skywalk adalah tempat wisata yang membolehkan kita berjalan di atas lantai kaca yang terletak di ujung tebing, jadi semacam berjalan di atas laut gitu.

Selesai, berswafoto dulu pake cellphone stand 😀

s__2146327

5 thoughts on “Hiking di Igidae Coastal Park, Busan

1. wahh.. ngiriiii sept! coba ke pacitan, lah! nggak nyesel, serius. nggak ada jalur hikingnya tapi pantainya bagus- bagus banget! aku 3 kali ke pacitan dan tiap pantai beda sensasinya. hohoho
    btw, itu, yang “bumi bulat, pak.” kayanya aku ngerti buat siapa. 😀 dulu segan, sekarang kok agak, ehhm, *sinyalilang