garden of words

Takdir

Shim Soon Deok menyebutnya takdir; ketika ia bertemu dengan Hwang Seon-Ah di hutan, dan Seon-Ah mengenalkannya pada Moorim School. Ia menyebutnya takdir karena pertemuannya dengan Seon-Ah merupakan solusi dari masalah terberat yang dihadapinya saat itu: ia ingin kuliah namun keluarganya amat sangat miskin.

Yoon Shi-Woo menyebutnya takdir; ketika ia tersesat di hutan dan bertemu dengan Shim Soon-Deok yang menunjukkannya jalan keluar. Ia menyebutnya takdir karena pertemuannya dengan Soon-Deok juga merupakan solusi dari masalah terberat yang dihadapinya saat itu: sakit yang sebabnya tidak diketahui kenapa, pun penyembuhannya tidak diketahui bagaimana.

Takdir.

Seringkali kita menyebut sesuatu yang terjadi di luar kendali sebagai takdir. Sesuatu yang membawa begitu besar perubahan pada hidup kita setelahnya; terlepas berdampak baik, atau justru sebaliknya. Pertemuan dengan pasangan hidup kita, perjumpaan dengan penyelamat hidup kita di saat-saat kritis, penyelesaian masalah di saat-saat tersulit, dan lain sebagainya.

Kita tak pernah menyebut keadaan yang biasa-biasa saja dan tidak istimewa sebagai takdir. Kita tak pernah menyebut diri kita yang basah kuyup kehujanan sebagai takdir, kecuali jika pada saat yang sama ada seseorang yang datang menawarkan payung dan dua tahun kemudian kita menikah dengannya. Kita tak pernah menyebut sakit kepala sebagai takdir kecuali ketika ternyata apoteker yang mengambilkan obat sakit kepala adalah mantan kekasih yang tidak pernah lagi kita temui bertahun-tahun lamanya.

IMG_1121

Maka seseorang telah terlalu cepat menamai pertemuan kami sebagai takdir. Saya bahkan tak tahu akan jadi apa kami ke depannya, atau apakah pertemuan kami saat itu membawa perubahan pada hidup saya. Semua masih entah.

“Takdir mungkin ya, aku yang bertemu denganmu di stasiun MRT waktu itu.”

Saya tidak tahu. Masih terlalu cepat menyimpulkan itu.

“Satu banding sejuta, Sep. Kamu sendiri yang bilang gitu.”

Aku tahu.

**sumber gambar: koleksi pribadi

One thought on “Takdir

**Silakan Berkomentar~! ^.^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s