salad days

Kopi dan Kopi

Saya suka kopi. Suka sekali. Tapi saya tidak bisa sembarangan meminumnya. Biasanya, waktu kecil dulu saya hanya mencicip satu-dua sendok kopi pahit ayah saya yang tersaji dua kali sehari. Itu pun tidak setiap hari. Ada efek yang cukup mengganggu setelah saya minum kopi: sakit perut dan tidak bisa tidur. Ya, kendati hanya setengah atau bahkan sepertiga gelas saya meminumnya.

Saya suka kopi. Suka sekali. Aroma seduhan pertama, denting gelas dan sendok ketika berjumpa, juga warna pekatnya. Saya suka. Tapi saya tidak bisa sembarangan meminumnya. Saya tidak suka merasakan perut kembung dan mules yang aneh, apalagi kalau tidak bisa tidur malam padahal besok harus bangun pagi-pagi buta.

Saya suka kopi. Suka sekali. Maka demi memerangi dua efek tidak menyenangkan itu, saya membiasakan ngopi. Sekarang, saya tidak lagi kesulitan tidur meskipun dua-tiga gelas kopi saya habiskan. Sayangnya, sakit perut tetap saja ada, meskipun saya ngopi dalam keadaan perut terisi. Tapi ya, sudahlah.

Saya tetap suka kopi. Suka sekali. Sekarang, saya mengkonsumsi setidaknya segelas satu-banding-dua setiap harinya; satu bagian kopi, dua bagian gula. Sakit perut, ah saya tidak peduli.

Saya suka kopi. Suka sekali. Dan saya mengenal seorang kopi yang lain lagi. Saya menyukainya. Sangat menyukainya. Dan sama seperti kopi, saya juga merasakan efek yang tidak menyenangkan setelah meminumnya. Kopi memberi saya manfaat, tentu saja, tapi juga memberi sakit. Tapi toh saya tidak peduli.

Maka saya bertahan pada kopi dan kopi karena sama-sama menyukainya.

Tapi tidak seperti pada kopi, terhadap kopi saya ingin menyerah. Ada batas-batas tertentu yang tidak berusaha saya lalui, dan batas lain lagi yang berkata cukup dan memerintah saya untuk berhenti. Terhadap kopi, saya lelah bertahan dan tidak ingin maju lebih jauh lagi.

Saya suka kopi. Suka sekali. Tapi saya tidak ingin kopi lagi.

Dan begitulah saya menyerah.

Bertahan hanya pada satu kopi.

Yang saya nikmati pagi ini.

**sumber gambar : di sini

4 thoughts on “Kopi dan Kopi

**Silakan Berkomentar~! ^.^

