uncategorized

Seputar FGD

Buat para pencari kerja (atau bahasa lebih nggak kerennya, jobseeker) seperti saya, pasti nggak asing dengan istilah FGD. Yup, FGD atau Focus Group Discussion merupakan salah satu tahapan tes yang musti dilewatin kalo kita ingin bekerja di perusahaan tertentu. FGD ini berbentuk diskusi kelompok yang biasanya diletakkan sebelum atau sesudah interview. Sejauh ini, saya sudah pernah merasakan 3 kali FGD di 3 perusahaan berbeda. Di mana saja dan apa bedanya? Ini dia…

1.      PT Surya Madistrindo – sebagai management trainee

Di PT Surya Madistrindo (anak perusahaan Gudang Garam), FGD merupakan tahap seleksi yang ketiga setelah CV screening (1) dan tes tertulis (2). Di perusahaan inilah saya menjalani FGD pertama saya. Rasanya deg-degan nggak karuan dapet giliran pertama. Satu kelompok terdiri dari 6 orang. Kita diberi waktu 10 menit untuk mengerjakan soal secara pribadi. Ada 2 tipe soal. Soal tipe pertama adalah seputar kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang berjumlah 6 soal dengan masing-masing 4 pilihan jawaban. Di sini jawabannya tidak ada yang pasti benar, karena tergantung bagaimana pendapat dan pengambilan keputusan masing-masing. Soal tipe kedua berjumlah 8 soal tentang mencocokkan posisi dan fungsi kerja dalam suatu perusahaan. Di sini jawabannya adalah pasti benar.

Setelahnya, kita diberi 15 menit untuk mendiskusikan jawaban dengan teman sekelompok. Jadi ada kolom jawaban pribadi dan kolom jawaban kelompok. Kalau jawaban pribadi sama dengan jawaban kelompok, maka kita akan dapat nilai +1. Kalau beda, ya -1. Jadi tugas kita di sini adalah mempengaruhi teman kelompok agar jawabannya sama dengan kita. Tapi belum tentu juga yang diloloskan adalah yang poin nilainya tertinggi. Karena selama diskusi, ada dua orang tim penilai yang benar-benar mengamati kita. Banget deh cara keduanya merhatiin kita. Mungkin saja yang dinilai adalah kemampuan berkomunikasi, memimpin diskusi, mempengaruhi kelompok, mengemukakan pendapat, pengambilan keputusan, cara berpikir, atau yang lainnya. Saya tidak lolos pada tahap ini.

2.      PT Yokogawa Indonesia – sebagai Engineer trainee

Di PT Yokogawa Indonesia, FGD juga merupakan tahap seleksi ketiga setelah CV screening (1) dan tes tertulis (2). Saya juga dapet giliran pertama tapi nggak se-deg-degan sebelumnya. Satu kelompok terdiri dari 6 orang. FGD di sini lebih mudah menurut saya, dengan tanda kutip: mudah dijalani, bukan mudah lolos. Bentuknya diskusi bebas. Kita diberi topik untuk didiskusikan, dan harus memilih untuk pro atau kontra dengan perbandingan yang seimbang. Waktu itu saya diberi topik tentang penggunaan tanaman untuk biofuel sebagai sumber energi terbarukan. Saya memilih kontra. Diskusi berlangsung selama 30 menit dengan format bebas. Kita bebas mengemukakan pendapat, menyanggah, dan 3 orang tim penilai hanya menjadi pengamat saja. Setelah diskusi selesai, kita disuruh untuk bertukar posisi: yang pro jadi kontra, yang kontra jadi pro. Saya juga tidak begitu mengerti apa yang dinilai di sini, karena sepertinya saya tidak lolos juga. Yah soalnya sampai sekarang belum dapat kabar kelanjutannya sih 😆

3.      PT HM Sampoerna – sebagai Graduate trainee operation

Untuk FGD di PT HM Sampoerna, sudah saya ceritakan kurang lebih di sini. Sebelum pengumuman hasil, seorang tim penilai memberi tahu bahwa yang jadi poin penilaian dari FGD di Sampoerna adalah kemampuan berkomunikasi, sistematika berpikir, mencari solusi, dan pengambilan keputusan. Dan yang perlu digarisbawahi, di sinilah FGD yang mengharuskan penggunaan bahasa inggris 100%.

Dari hampir semua tes yang saya jalani, saya selalu tidak lolos pada tahapan ini. Jadi saya juga nggak bisa sok-sok ngasih tips, sekedar share pengalaman aja :mrgreen:  Nah, segini aja yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat buat semuanya…dan doakan saya supaya cepat dapat kerja yaaa :mrgreen:

**sumber gambar : di sini

Iklan

7 thoughts on “Seputar FGD

  1. Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.. Ijin nyimak.. ehmmm ijin comment jg.. 😀
    Sep banyak-banyaklah berimajinasi tentang kerjaan, pasti dapat kog sesuai impianmu nantinya.
    Aku dapat kata-kata ini dari seorang penemu rumus energi yaitu einstein. Dia banyak berimajinasi
    kog tentang apa yang di ingingkan. Bisa kog sep kamu dapat pekerjaan sesuai yang kamu inginkan.
    Sering-seringlah berimajinasi sesuai dengan apa yang ada pikiranmu tuangkan di kenyataan dan
    tulisan di blog ini.
    ( Yudhistira Suryanto, ST ) TB 2008

  2. trimakasi ulasan FGDnya sangat bermanfaat 🙂
    tapi saya mau tanya ttg FGD di PT SM, contoh permasalahan yang harus dipecahkan seperti apa dan apakah perlu sekali untuk belajar ttg manajemen perusahaan terlebih dulu? thanks 🙂

  3. Hai mbk, salam kenal. Saya juga lulusan Fisika ITS mbk hehe
    Saya juga udah ngalamin FGD di Surya Madistrindo, alhamdulillah lolos. Tapi interview nya ga lolos wkwk
    Akhir bulan ini saya ada undangan FGD di HM Sampoerna mbk, minta do’anya ya mbk, semoga lolos hehe

**Silakan Berkomentar~! ^.^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s