uncategorized

Pengalaman Tes di PT HM Sampoerna Tbk.

Sudah lama banget ya saya tidak posting :p Emm jadi kali ini, saya mau berbagi pengalaman tentang tes di salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, yaitu PT HM Sampoerna Tbk, untuk posisi GT-Operation :mrgreen:

Apa itu GT-Operation? Graduate Trainee Program (GTP) merupakan program yang ditujukan untuk lulusan baru (fresh graduate) atau yang pengalaman kerjanya kurang dari dua tahun. Setelah lolos, bakal dikasih training dulu. Cabangnya GTP ini juga banyak, ada divisi Sales, Marketing, Operation, dan yang lain saya lupa (kalau tidak salah total ada 6 atau 7 divisi). Nah, saya apply di bagian Operation Executive-nya. Bagian ini cocok untuk para lulusan dari fakultas MIPA dan teknik.

Jadi ceritanya, saya apply ke Sampoerna waktu ikut Kompas Career Fair tanggal 4 September 2013 di Gedung ICBC Surabaya.

1. Written Test – 18 September 2013

Saya ingat sekali, saya dikabari lolos CV screening saat saya sedang di Pantai Kuta! :mrgreen: Waktu itu (13 September 2013) saya lagi duduk-duduk ngeliatin temen-temen main di pantai, tiba-tiba dapet telpon dari Jakarta. Saya diundang untuk mengikuti tes tertulis pada tanggal 18 September 2013 pukul 08.30 di Gedung Sampoerna, Rungkut Industri, Surabaya.

Selain tes tertulis, agenda pada hari itu adalah Company Presentation. Presentasi ini lama banget, kurang lebih selama dua jam. Isinya ngejelasin Sampoerna itu apa, sejarahnya bagaimana, sejauh apa perkembangannya, dan maparin segala tentang GT-Operation, plus tanya jawab. Dari sini saya tau, bagaimana persebaran rokok di Indonesia, penguasaan pasar, teknologi pembuatan, dan lain-lain. Setelah presentasi yang lama banget, kita langsung tes tertulis. Kontrasnya, tes tulisnya justru cepet banget. Gak sampe sejam.

Tes tulis di Sampoerna disebut Reasoning Test dan terdiri atas dua bagian: verbal dan numerik. Untuk tes verbal, kalau tidak salah ada 40 soal yang dikerjakan dalam waktu 25 menit. Di tiap soal, kita akan diberi dua-tiga kalimat (yang berfungsi sebagai data/fakta), kemudian akan ada satu pernyataan. Tugas kita adalah menentukan apakah pernyataan tersebut sudah sesuai (YA), tidak sesuai (TIDAK), atau TIDAK BISA MENENTUKAN. Tantangannya di sini adalah, kita HANYA boleh menyimpulkan berdasarkan informasi yang disediakan dan TIDAK BOLEH menggunakan wawasan yang (misal) sudah ada di pikiran kita. Susaahhh ~.~

Sedangkan untuk tes numerik, lebih wah lagi. Ada 30 soal yang dikerjakan dalam waktu 25 menit dan bentuknya matematika statistik semua! Contoh soalnya seperti ini. Akan ada tabel jumlah kecelakaan di beberapa Negara bagian AS mulai tahun sekian sampai sekian. Jika jumlah kecelakaan di tahun sekian merupakan pertumbuhan sekian persen dari jumlah kecelakaan tahun ini, maka berapakah perkiraan jumlah kasus kecelakaan pada sekian tahun berikutnya? Jika rasio jumlah kecelakaan di Negara bagian A terhadap total kecelakaan pada tahun X adalah sama dengan rasio jumlah kecelakaan di Negara bagian B terhadap total kecelakaan pada tahun XX, maka Negara bagian yang menempati urutan ketiga paling aman untuk berkendara pada tahun XX adalah… Dan jangan harap bakal ketemu tabel ukuran 3×4 atau 4×6 kayak soal-soal UN, rata-rata tabelnya ukuran 9×7 atau 10×6. Kebayang banyaknya data gimana kan ~.~

2. Interview HRD – 10 Oktober 2013

Lewat dari dua minggu yang dijanjikan, saya ditelepon kembali tanggal 7 Oktober 2013 oleh Andri dari Jakarta yang mengabari bahwa saya lolos tes tulis dan diundang untuk mengikuti Interview HRD. Awalnya saya dijadwalkan interview tanggal 9 jam satu siang, tapi karena pada tanggal itu saya wisuda, maka saya minta jadwalnya diundur sehari, dan bisa! πŸ˜€

Tanggal 10 pagi, saya mengikuti tes PT Yokogawa Indonesia di ITS. Alhamdulillah tes tulis Yokogawa lolos dan dilanjutkan FGD jam satu siang. FGD selesai pukul 13.30, langsung cus ke Rungkut. Jam dua sampe sana, digeleng-geleng satpam karena telat satu jam. Ditambah saya salah ruangan dan kesasar, saya akhirnya diinterview sekitar jam tiga sore. Jangan ditiru ya…

Yang menginterview saya adalah Ms. Deanna. Seperti interview biasa, saya harus menceritakan tentang diri saya, pengalaman organisasi, pengalaman panitia, juga kelebihan dan kekurangan saya. Kemudian saya ditanyai hampir setiap hal yang saya tulis di CV, tentang hobi saya, sekarang sedang baca buku apa, penulis yang saya suka, ke mana saja saya pernah bepergian, kenapa saya kuliah sejauh ini dari rumah, kenapa kuliah di Fisika, apakah ingin melanjutkan S2, dan lain sebagainya. Saya juga disuruh menjelaskan apa yang saya ketahui tentang Sampoerna, produknya apa-apa saja, Operation itu divisi apa, motivasi bergabung apa, juga apakah sudah pernah ke House of Sampoerna. Untuk pertanyaan terakhir, saya malu, di Surabaya empat tahun tapi belum pernah ke HoS πŸ˜†

Oke, sampai sini, saya oke-oke saja cerita pake English yang rada gagap πŸ˜† tapi begitu disuruh menceritakan tentang skripsi, saya nyerah. Mulai lah saya pake bahasa Indonesia malu-malu 😳 Interview saya berlangsung lama, tapi nggak terasa. Tau-tau jam sudah menunjukkan pukul 15.50 (berarti saya interview hampir satu jam). Saya pamit, sambil minta maaf atas bahasa inggris saya yang pas-pasan :mrgreen:

3. Focus Group Discussion (FGD) – 31 Oktober 2013

Saya dikabari lolos ke tahap FGD dan Panel Interview pada tanggal 24 Oktober 2013. Awalnya saya dijadwalin FGD tanggal 30, tapi akhirnya diundur jadi tanggal 31, jam 11 siang. Awalnya saya berpikir, sepertinya ini FGD musti pake bahasa inggris, ah tapi nggak mungkin, kan sulit diskusi pake bahasa inggris, malah menghambat! Dan ternyata tidak ada yang tidak mungkin, pembaca sekalian. Sebelum FGD, tim penilai dengan tegas mengingatkan (dalam bahasa inggris) bahwa penggunaan bahasa indonesia dilarang di sini, silakan menggunakan bahasa inggris baik dalam diskusi, presentasi, maupun menjawab pertanyaan. Duh 😦

Dalam satu kelompok FGD, ada 5 orang peserta. Di sini kita akan diberi masalah untuk dipecahkan bersama. Ada satu lembar berisi uraian masalah dan satu lembar data berupa grafik. Masalahnya ya seputar bisnis dan ekonomi gitu (emang beda ya bisnis dan ekonomi, ah saya juga nggak tau). Jadi ada minuman A dan B dari perusahaan tempat kamu bekerja, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita disuruh diskusiin mana merk yang akan kita pertahankan dan mana yang harus dihentikan produksinya. Alasannya kenapa, dan strategi ke depannya bagaimana. Waktu untuk membaca data, menganalisa, dan diskusi adalah 35 menit. 35 menit setelahnya dilakukan untuk sesi presentasi hasil diskusi plus tanya jawab.

Setelah FGD, hasil langsung diumumkan. Hanya 1 orang yang lolos ke tahap selanjutnya, dan itu jelas sekali bukan saya yang nggak leluasa mau ngomong apa karena bahasa inggris dan pemahaman tentang ekonomi yang terbatas banget 😦

4. Panel Interview

Jika lolos FGD, akan masuk ke tahap ini dan diinterview pada hari itu juga setelah makan siang. Untuk tahap ini, akan diinterview oleh 3 orang (user) dan besar kemungkinan ada salah seorang WNA dari Philip Morris International yang bakal menginterview kita. Karena saya belum sampai tahap ini, jadi belum bisa cerita banyak deh :’)

5. Bussiness Case Presentation

Tahapan terakhir yang harus ditempuh adalah presentasi bisnis. Kalau tahap ini lolos, langsung deh kita tes kesehatan dan offering.

Nah, cuma segini yang bisa saya bagi. Semoga bermanfaat! πŸ˜€

Iklan

42 thoughts on “Pengalaman Tes di PT HM Sampoerna Tbk.

  1. aku SHOCKED waktu baca postingnya. WHAT? fisika? apply k sampoerna? kok samaa, hehe..
    kan rada2 gak nyambung gitu yaa.. πŸ˜€
    minggu depan aku juga mau written tes yg djkrt. dan awalnya agak-agak minder karna backgroundnya yang TOTALLY gak nyambung banget. tapi abis baca ini, tingkat ke-pede-annya naik lagi (dikit). haha πŸ˜€

    1. hehe πŸ˜€ yah, kalo dari yang saya lihat dan alami sih, background tidak terlalu menjadi sorotan utama. yang bikin saya gagal kan (sepertinya) di kemampuan bahasa inggris ya, jadi saya berkesimpulan asalkan bahasa inggris kita oke, plus kemampuan analisis (terhadap masalah ekonomi/industri) juga oke, peluang kita lolos juga makin besar. yang penting usaha aja. SEMANGAT! :mrgreen:

      1. hai, aku mau nanya lagi dong.. pas tes GT itu dalam b.Inggris apa indo ya?
        trus pengalaman aku waktu tes di salah satu Bank asing kemaren boleh pake calculator untuk reasoning tes kayak gini secara kan tabel2 gitu ya. kalo di Sampoerna boleh gak ya pake calculator? atau jangan2 udah pada pinter semua yaa pesertanya.. waduh malu juga kalo make sendiri πŸ˜€
        makasih yaaa…

        1. untuk tes tertulis, seingat saya dalam bahasa indonesia. nah untuk kalkulator, jujur saya lupa apakah ada larangan menggunakan kalkulator. yang pasti, waktu saya tes itu tidak ada yang pake kalkulator (lagi-lagi sepenglihatan saya loh ya) πŸ˜€ dan saya juga nggak kepikiran buat pake kalkulator meskipun bawa πŸ˜† tapi ya coba dibawa saja, mungkin diperbolehkan πŸ˜‰

  2. saya besuk tanggal 7 desember dpt undangan test tulis di HM SAMPOERNA untuk GT juga. level pede turun satu tingkat gara2 ”bahasa inggris” tpi tingkat semangat juangnya meningkat 100%…hehehee. Thanks infonya

  3. Tuhan memberkati,optimis dan semangat jika HM Sampoerna Tuhan berikan untuk kita bekerja maka apa di kehendaki-Nya akan terjadi!
    God Bless Us

  4. Hello mba Septia.. Sebelumnya makasih mba udh sharing pengalaman test GTP sampoerna. Saya baru apply GTP tahun ini, pengungumannya belum tp saya mau cari info buat persiapan kalau nanti dpt kesempatan ikut test selanjutnya. Mba, kalau test psikotes yg numeric dan verbal itu kalo ga smua diisi Ada sistem penalty minus gt ga? Soalnya saya pernah ikut assessment test yg ada sistem pengurangan score kalau ada jawaban yg kosong..

    1. seingat saya kalo kosong juga ada nilai minusnya. jadi, antara jawaban salah dan tidak diisi, sama2 bernilai minus. tapi, minus kalo jawaban salah lebih besar. tapi saya lupa minusnya berapa2 πŸ™‚

  5. Selamat siang Mbak Septia,
    Saya pribadi sudah dinyatakan diterima menjadi sales Sampoerna untuk area x per tanggal 1 November 2014. Dan katanya akan ada pemberangkatan di kota masing2 sebelum hari H kerja. Yang jadi pertanyaan :

    1. Biasanya berapa tenggat waktu antara pemberangkatan sampai hari H kerja? Kalau resmi bekerja tgl 1 Nov 2014 kira2 tanggal berapa pemberangkatan tersebut?

    2. Sampai saat ini saya belum diberitahu pasti tanggal pemberangkatan tsb. saya juga sudah bertanya pada HRD via email namun belum dijawab sampai saat ini. Apakah ada kesalahan dalam pengisian offering letter/form asuransi/pajak/dll.sehingga berpengaruh trhadap proses selanjutnya??

    Besar harapan saya Mbak Septia bisa membantu. Terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

    1. tergantung posisinya mbak. kalo graduate trainee, seingat saya min.IPK 3,00. kalau tidak salah sebagian besar mensyaratkan IPK 3, tapi mungkin utk posisi tertentu ada yg 2,75. lebih detailnya bisa langsung lihat persyaratan lowongannya πŸ™‚

  6. kemarin apply GTP juga, lolos online test, dapat panggilan interview online. Sayangnya telat buka email, alhasil nggak bisa lanjut. Udah reply juga minta dijadwal ulang buat interview, tetep ngga ada respon…

  7. Mba, mw tnya kalo email HRDnya apa ya?? Soalnya saya search Internet byk banget email HRD Sampoerna,, mana yg benar ya? Trus ada temen yg pengalaman di Staff Admin Sampoerna ga?? Bagi info dong.. Thanks mba..

  8. Saya tertarik untuk mengikuti GT tahun 2016 ini. Apakah setiap tes atau pertanyaan wajib menggunakan bahasa inggris? Terima Kasih selbelumnya

  9. mbk mw tanya, info lowongan sales sampoerna bsa d lihat d mana ya?
    soalnya hmpir tiap hari ad interview calon sales tp kl mreka d tyna info lwngan dr mana kesannya nutupi gt. mhon infonya n trimakasih.

  10. Assalamualaikum mb septiadiah
    Mba saya mau nanya kira2 untuk FGD posisi sales marketing field…pake b inggris ga ya mb diskusinya….karna insyaallah minggu depan saya ada FGD…
    Makasih mb

    1. wah sama saya jg tez fgd minggu dpan. .pasti dri jogja ya..kalo liat invitation test nya di ijinkan pke english ataupun bhs.indo

  11. Assalamualaikum
    Mbak septiadiah saya mau tanya,,saya sudah pernah ikut tes sampoerna. namun saya di nyatakan tidak lolos di karenakan tidak masuk kategori profile posisi yang di tawarkan. tapi di isi email nya saya di masuk talent pool candidates. terus setelah lebih dari 3 bulan saya dapat email lagi dari sampoerna untuk ikut seleksi tes lanjutan. saya mau saya tanyakan apakah mbak pernah mendengar proses seperti ini?? dan bagaimana peluangnya?? terima kasih

    1. Wa’alaikumussalam. Saya sebenarnya kurang tau perihal proses perekrutan karyawan, karena saya tidak pernah berkecimpung di bidang HRD. Tapi setau saya, memang biasanya perusahaan akan menyimpan data pelamar. Jadi misal, untuk rekrutmen periode ini atau posisi ini belum diterima, data kita akan tetap disimpan. Jadi begitu ke depannya ada perekrutan lagi entah itu di posisi yang sama ataupun berbeda, kita mungkin saja akan dipanggil kembali.

      Saran saya, pastikan dahulu kalau pengumuman itu bukan hoax atau kerjaan oknum tipu-tipu. Jika memang benar dari Sampoerna, tak ada salahnya mencoba lagi. Semoga sukses! πŸ˜‰

**Silakan Berkomentar~! ^.^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s