salad days

Hari Ini

Saya sudah membuktikan bahwa selama ini saya lah yang lebih sering, sekaligus, lebih lama menunggu. Menunggu apa pun, tidak ada yang saya spesifikkan di sini. Saya selalu menyediakan waktu, yah mungkin saja karena waktu saya jauh jauh jauh lebih luang daripada seseorang. Saya selalu meyakinkan diri saya sendiri, tidak apa-apa saya berharap mendapatkan setimpal seperti yang saya berikan pada orang lain. Siapa pun, tidak ada yang saya spesifikkan di sini. Meskipun, pada akhirnya, saya juga yang terkecewakan. Saya mengakui, belajar mengendalikan harapan, jauh lebih sulit ketimbang soal fisika mana pun yang pernah saya temui. Buktinya sampai sekarang saya belum pernah berhasil. Tapi yah, mungkin saja semua hanya soal waktu. Mungkin nanti, saya akan menjadi terbiasa terkecewakan.

Terlalu banyak mungkin yang tersebut dalam masa penantian. Mungkin, itu semua hanya ada dalam perasaan saya saja. Mungkin…

***

Tidak, saya bukannya tidak sabar mengantri. Saya tidak keberatan sama sekali jika pun harus menunggu lama; yang tidak bisa saya terima adalah jika antrian saya sengaja dipotong dengan alasan “belanjaan saya lebih sedikit”. Terlebih jika orang yang menyerobot itu adalah tipe orang yang lebih suka bertanya “harganya berapa” ketimbang memeriksa sendiri label harga yang tertera di rak. Saya tidak suka orang seperti itu; tidak membudayakan antri, terlihat tidak berpendidikan sekali.

***

Besok saya berangkat ke Bali, dan seseorang tetap tidak tahu, kan? Dunia saya jungkir-balik tiga hari belakangan ini, dan seseorang tetap tidak tahu, kan? Saya tidak tahu kapan kembali dan bisa bertemu lagi; mungkin saja setelah urusan saya selesai di sana, saya langsung bertolak ke kota pelajar. Yasudah tidak apa-apa, akan lebih dramatis jika saatnya kami bertegur sapa kembali hal pertama yang saya katakan adalah, aku sedang di pulau dewata, bukan?

Saya tetap menunggu…

***

Saya terkadang bertanya-tanya, apa mungkin karena arti nama saya adalah wanita yang penyabar, maka warna-warni dalam hidup saya seringkali adalah hal-hal yang terkait dengan itu? Menunggu, menanti, kemarahan, bersabar?

Saya tidak keberatan, karena sebagian lain dari nama saya berarti, wanita yang berbahagia…

3 thoughts on “Hari Ini

**Silakan Berkomentar~! ^.^

