salad days

Salah Siapa?

Saya sedang membaca tokoh-tokoh yang melawan kita dalam satu cerita karya Aan Mansyur, dan baru sampai pada halaman empat, saya berhenti.

itukah yang membuat sepasang rapuh tangkai tungkai tidak mampu mempertahankan tabahmu yang semakin menipis?

Dan saya menangis.

Salah siapa?

Salah hormon saya.

sementara aku dingin dinding kolam yang tak bisa bergerak meski akan melihatmu perlahan ditelan air nyaris demi nyaris

Dan saya terisak.

Salah siapa?

Salah hormon saya, bukan salah Aan Mansyur, bukan.

Sepagian saya tidak tenang karena entah. Kemudian ibu saya menelepon. Saya senang. Ibu saya berbicara tentang pernikahan. Saya terharu. Padahal yang dibicarakan ya umum saja, bukan tentang saya. Telepon ditutup. Saya sedih. Saya belajar. Saya bersemangat. Ketemu soal yang tak bisa saya selesaikan pengintegralannya. Saya sebal. Saya malas. Paket buku yang saya beli online sampai – termasuk buku kumpulan puisi yang saya sebut di atas. Saya senang. Saya belajar lagi. Saya lelah. Saya termenung sebentar. Saya tidak tenang lagi.

Salah siapa saya begitu terombang-ambing tersebab sepele?

Salah hormon saya.

Saya tidur-tiduran. Menatap langit-langit kamar. Memikirkan berbagai macam hal. Mulai dari kultur yang belum siap juga, Ha Ji Won yang cantik banget, Inferno yang belum ada edisi terjemahnya, After Earth yang entah kapan diputar di Indonesia, sampai dijewer ibu gegara bikin nangis anak tetangga. Saya rindu rumah. Saya ingin pulang.

Salah siapa saya menangis lagi?

Salah hormon saya.

Saya dikerjai seseorang. Saya tertawa. Saya membaca pesan singkat dari seseorang. Saya gulana. Seharian ini saya ngapain saja? Tertawa sebentar, bermuram lama. Senang sebentar, tertekan lama.

Salah siapa?

Salah hormon saya.

Ah, wanita!

**Silakan Berkomentar~! ^.^

