salad days

Saya Lelah.

Hari ini, mestinya ada kuliah pengganti opmod (optika modern – red). Atau setidaknya saya berpikir begitu, jika tak ada pemberitahuan pembatalan, maka saya tetap berasumsi bahwa kuliah tersebut ada. Salah?

Saya datang kuliah seperti biasa, tepat waktu. Pukul sepuluh empat puluh tiba di laboratorium optik dan aplikasi laser, menunggu. Lima belas menit kemudian, masih sepi. Saya sms teman-teman. Sembari menunggu balasan, saya bertemu dengan dosennya.

Dosen : Lho, ini anak-anak pada ke mana?

Saya : Emm saya kurang tau Bu, mungkin belum pada datang.

Dosen : Saya curiga ini pada nggak datang, tapi saya kok nggak diberi tau kalo nggak ada.

Saya diam saja.

Dosen : Yasudah, kita tunggu 10 menit lagi, kalau memang tidak ada, saya minta pengganti hari lain. Kira-kira libur SNMPTN bisa dipake nggak ya? Kan lab-nya nggak dipake.

Saya masih diam saja.

Dosen : Nanti tolong ya hubungi saya kalau sudah dapat pengganti hari.

Saya : Ya, Bu…

Sesaat kemudian, sms balasan teman-teman saya masuk. Berkata kalau salah seorang di antara kami memberitahu yang lain bahwa tidak ada kuliah hari ini. Lho? Ini sejak kapan kuliah dibatalkan oleh mahasiswa, tanpa konfirm ke dosen, lagi? Ah, sudahlah. Tadi saya jengkel sekali, hanya berkurang sedikit sekali setelah saya ngomel-ngomel ke Ilmi dalam keadaan sebal setengah mati (entah setengah mati itu bagaimana rasanya, saya tidak peduli) tapi sekarang – ketika hari ini dituliskan, kejengkelan itu sudah berganti lelah.

******

Lima jam kemudian, waktunya bagi saya dan teman-teman untuk presentasi (mata kuliah fisika eksperimental lanjut) laboratorium optik dan aplikasi laser. Sebelumnya, Sabtu kemarin, kami kerja kelompok, di kost Lia. Karena pekerjaan yang harus kami selesaikan ada banyak (2 laporan praktikum + 3 powerpoint), maka kami membagi tugas. Dan saya, kebagian menggarap laporan sensor pergeseran. Sudahlah, saya tidak ingin bercerita ada apa di presentasi hari ini. Malas. Yang pasti, saya tidak kebagian presentasi sensor pergeseran. Akhirnya yah, saya ingin berbagi tips saja.

  1. Jangan pernah meng-copas (copy-paste) dari sumber yang kurang terpercaya! Aturan paling utama.
  2. Kalau ingin meng-copas, copas-lah dari sumber terpercaya yang kamu baca secara langsung, misalnya textbook dan jurnal terakreditasi. Dan cantumkan sumbernya. Laporan orang lain yang kamu peroleh (baik laporan kakak kelasmu atau laporan bebas di internet) tidak termasuk sumber terpercaya.
  3. Kalau pun meng-copas, jangan pernah meng-copas dengan membaca sekilas atau bahkan tidak membacanya sama sekali! Saya menemukan ada banyak sekali hal yang perlu dikoreksi dari berbagai sumber yang saya dapat, terkait korelasi sumber terhadap apa yang saya perlukan, maupun validitas sumber itu sendiri.
  4. Kalau tidak ingin menyesal, jangan langsung mempercayakan tugasmu kepada orang lain – ini bukan berarti meragukan teman sendiri lho ya… Tapi, lebih baik dikerjakan bersama, kan? Jadi kalau ada apa-apa ya ditanggung bersama, nggak ngempet di belakang :mrgreen:
  5. Terakhir, (lagi) jangan biasakan diri meng-copas. Jangan, jangan, jangan. Saya sudah merasakan sendiri efek sampingnya.

Sudah ya, segitu saja. Saya lelah hari ini. Lelah hati karena sudah menggantungkan ekspektasi terlalu tinggi. Masih ada makalah + powerpoint opmod yang harus saya selesaikan + pahami malam ini, juga proposal metpen (metodologi penelitian – red) yang perlu koreksi dan sulaman di sana-sini. Tapi tak apalah, perasaan saya yang masih hangat-hangat tahi ayam ini 😛 layak mendapat jatah tiga puluh menit untuk dipajang di rumah saya ini. Karena selalu, eksperimen dan pengalaman lah guru yang paling berharga, bukan membaca, apalagi kuliah biasa yang setahun juga lupa :mrgreen:

Lelah saya sedikit lebih ringan sekarang, terima kasih tulisan 🙂

*maaf ya, sudah lama tidak posting, jadinya malah berkeluh-kesah 😦

8 thoughts on “Saya Lelah.

**Silakan Berkomentar~! ^.^

