bookworm's · sky of words

Kutipan: Dunia Sophie (Jostein Gaarder)

“Mungkin akan lebih mengerikan jika kamu mau melihat contoh-contoh lain. Kamu tahu bahwa kaum Nazi membunuh jutaan orang Yahudi. Akankah kamu katakan bahwa ada sesuatu yang salah dengan penalaran Nazi, atau akankah kamu katakan ada sesuatu yang salah dengan kehidupan emosional mereka?”

“Jelas ada sesuatu yang salah dengan perasaan mereka.”

“Banyak di antara mereka yang sangat jernih pikirannya. Bukan hal yang luar biasa jika kita dapat menemukan perhitungan dingin di balik keputusan-keputusan yang paling tidak berperasaan. Banyak di antara kaum Nazi itu yang dihukum setelah perang, tapi mereka bukan dihukum karena bertindak ‘tidak masuk akal’. Mereka dihukum karena telah menjadi pembunuh yang sangat keji. Bisa jadi orang yang tidak mempunyai pikiran waras dibebaskan dari kejahatan mereka. Kita katakan bahwa mereka ‘tidak bertanggung jawab terhadap tindakan-tindakan mereka’. Tidak ada orang yang pernah dibebaskan dari kejahatannya karena tidak berperasaan.”

– Percakapan antara Alberto Knox dengan Sophie, dikutip dari Dunia Sophie karya Jostein Gaarder

10 thoughts on “Kutipan: Dunia Sophie (Jostein Gaarder)

    1. habis baca majalah detik (versi PDF) edisi minggu ini, banyak tindak tak ber-perikemanusiaan yg saya tidak tau😦
      quote inilah yang saya pikir punya korelasi erat dgn itu😦

    1. entahlah. meski memang tidak ada yg lebih mending, saya pikir sama saja. entah mungkin saya yg terlalu buta sejarah dan informasi, tapi banyak tindak yg jauh melampaui batas kemanusiaan yg luput, oleh mata saya, setidaknya😦

  1. Tidak ada orang yang pernah dibebaskan dari kejahatannya karena tidak berperasaan. Kalimat ini susah saya pahami. Kalau disederhanakan jadi begini: Orang dibebaskan dari kejahatannya karena berperasaan. pun saya tidak paham. Apakah tolak ukur kesalahan adalah perasaan? Jadi jika saya berbuat jahat tanpa melukai perasaan siapa pun, itu tidak termasuk berbuat jahat?

**Silakan Berkomentar~! ^.^

