salad days · this is college

Revisi Pertama :D

Hari ini presentasi opmod (Optika Modern – red), materinya adalah proposal skripsi masing-masing. Saya, yang semalam hanya tidur netto dua jam demi menyempurnakan proposal saya yang pada akhirnya juga belum sempurna 😦 mendapat giliran presentasi urutan ketiga. Yang pertama, Mas Alan, dengan spektroskopi serat optiknya untuk mendeteksi kadar logam berat. Yang kedua, Awal, dengan desain serat optiknya untuk mendeteksi kadar pencemaran karbon dioksida di udara. Dan di urutan ketiga, ada saya, dengan spektroskopi autofluoresensi untuk deteksi kanker dini.

Kembali ke hari sebelumnya. Sudah sejak seminggu sebelumnya saya menyelesaikan bab pertama proposal penelitian saya. Ya, soalnya rencana awal adalah presentasi hari Selasa minggu lalu. Entah apa saja yang saya kerjakan selama long weekend kemarin, yang pasti, baru pada hari Minggu pagi menjelang siang lah, saya mulai mengerjakan bab kedua dan ketiga. Tidak tanggung-tanggung, sehari semalam saya alokasikan hanya untuk mengerjakan proposal dan powerpoint-nya, hanya menyisakan dua jam untuk mengerjakan tiga tugas lainnya (dua tugas fisika komputasi, dan satu tugas lab.radiasi). Alhasil, hingga pukul dua pagi dini hari tadi, tidak ada kemajuan pada setup eksperimen dan prosedur penelitian saya karena belum mencari literatur yang cukup. Pukul tiga, saya menyerah 😦

Paginya, setelah mengantarkan adik ke tempat bimbelnya, saya tidak melanjutkan proposal – memang tidak berencana. Saya hanya mengecek ulang saja, untuk kemudian menyalakan printer dan mencetaknya. Bab pertama, beres. Lancar tanpa hambatan. Bab kedua…ini apa-apaan, proposal skripsi kok pustakanya internet semua?! Ngaco ah! >_< Namun separah-parahnya bab dua, masih lebih mengenaskan bab tiga. Tidak ada prosedur penelitian, tidak ada setup alat ataupun eksperimen, hanya ada skema kerja. Ya, skema. Saya tekankan sekali lagi, hanya skema.

Maka menit-menit menjelang penghakiman itulah, saya menyempatkan diri untuk menghibur diri bahwa ini bukanlah sidang proposal yang sesungguhnya – melainkan kesempatan saya untuk berlatih, untuk mempersiapkan diri di semester depan : seminar proposal yang sebenar-benarnya. Ohya, tidak lupa memperbanyak dzikir tentunya :mrgreen:

Akhirnya kesempatan itu datang. Saya sudah menyadari sejak awal mengapa saya begitu gugup. Satu, karena saya tidak siap. Dan dua, karena memang ada yang tidak beres pada rancangan penelitian saya. Jadi begini, saya baru menyadari keanehan itu semalam, ketika terbirit-birit mengerjakan bab dua, dan saya sudah terlalu lelah untuk merombak konsep dari awal. Alhasil, yah begitu saja, saya tau saya salah, tapi saya tidak memperbaikinya. Ironis sekali.

Ketika maju, saya berceloteh saja, tanpa berusaha menyinggung-nyinggung keanehan itu. Tapi ternyata tidak bisa, terucap juga 😦 Mungkin karena saya terlalu berpikir untuk tidak mengucapkannya ya, saya justru mengucapkannya tanpa sadar ~.~ Dan sesuai dugaan, bu dosen menyadari dengan benar keanehan itu. Iyalah, mau nyoba bohongin profesional?!

Presentasi selesai, saya banyak sekali mendapat kritikan dan saran dari bu dosen. Setelah saya undur diri dari panggung, presentasi dilanjutkan oleh presentator urutan keempat sekaligus terakhir untuk hari ini, yaitu Siska, dengan desain serat optiknya untuk mendeteksi lubang gigi tiga dimensi. Bagaimana dengan saya? Malu? Jelas. Terlihat sekali kalau saya tidak siap. Lega? Banget. Rasanya ya kayak berbuka puasa gitu 😀 Dan terakhir, saya senang bukan kepalang. Saya jadi tau mana yang salah, mana yang kurang, dan punya banyak hal untuk diperbaiki.

Terima kasih ibu doseeennn :mrgreen:

Ahh… Ini revisi pertama, senangnyaaaa \(^0^)/

P.S. : sebenarnya bukan revisi beneran sih, presentasi ini hanyalah tugas untuk mata kuliah Optika Modern di mana harus mengumpulkan dan mempresentasikan calon skripsi kita, tapi saya merasa ini tidak ada bedanya dengan revisi :mrgreen:

20 thoughts on “Revisi Pertama :D

**Silakan Berkomentar~! ^.^

