science world

Bagaimana Jika Tidak Ada Gravitasi di Bumi?

Gravitasi adalah salah satu hal yang benar-benar kita butuhkan secara mutlak. Dan ada dua hal tentang gravitasi yang tidak dapat kita pungkiri : kenyataan bahwa ia selalu ada, dan fakta bahwa hal itu tidak pernah berubah. Jika gravitasi bumi (pernah) berubah secara signifikan, hal itu akan memiliki pengaruh yang sangat besar pada hampir segala hal karena begitu banyak hal yang dirancang di bumi ini berada pada pengaruh gravitasi.

Sebelum melihat perubahan pada gravitasi, akan sangat membantu jika kita memahami apa itu gravitasi. Gravitasi adalah gaya tarik antara dua atom. Misalkan saja Anda mengambil dua bola golf dan menempatkannya di atas meja. Akan ada daya tarik gravitasi yang sangat kecil antara atom-atom pada kedua bola golf. Jika Anda memiliki dua potong besar timah dan beberapa instrumen yang luar biasa tepat, Anda akan dapat mengukur daya tarik yang sangat kecil antara mereka. Hal ini hanya bila Anda mendapatkan nomor atom yang sangat besar (massa masif), seperti dalam kasus planet bumi, bahwa gaya tarik gravitasinya sangat signifikan.

Alasan mengapa gravitasi di bumi tidak pernah berubah adalah karena massa bumi tidak pernah berubah. Satu-satunya cara untuk tiba-tiba mengubah gravitasi di Bumi akan mengubah massa planet. Perubahan dalam massa cukup besar untuk menghasilkan perubahan gravitasi tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Tapi mari kita mengabaikan fisika dan membayangkan bahwa, suatu hari, gravitasi planet bumi dimatikan, dan tiba-tiba tidak ada gaya gravitasi di bumi. Hal ini akan berubah menjadi hari yang cukup sangat buruk. Kita semua bergantung pada gravitasi untuk menahan begitu banyak hal – mobil, orang, perabotan, pensil dan kertas di meja Anda, dan seterusnya. Segalanya tiba-tiba tidak memiliki alasan untuk tetap turun, maka semuanya akan mulai mengambang. Bukan hanya furnitur dan semacamnya yang akan mulai mengapung. Dua hal yang lebih penting yang dilakukan gravitasi pada tanah adalah atmosfer dan air di lautan, danau dan sungai. Tanpa gravitasi, udara di atmosfer tidak memiliki alasan untuk berkeliaran, dan segera akan melompat ke ruang angkasa. Masalah yang sama juga akan dialami bulan – bulan tidak memiliki gravitasi yang cukup untuk menjaga atmosfer di sekitarnya, sehingga ia menjadi vakum (ruang hampa). Tanpa atmosfer, setiap makhluk hidup akan mati segera dan cairan apa pun akan mendidih pergi ke ruang angkasa.

Dengan kata lain, tidak ada yang mampu bertahan lama jika bumi tidak memiliki gravitasi.

0gravity

Jika gravitasi tiba-tiba menjadi berlipat ganda, ini akan menjadi hampir sama buruk, karena semuanya akan dua (atau beberapa) kali lebih berat. Akan ada masalah besar dengan bangunan struktural. Rumah, jembatan, gedung pencakar langit, kaki meja, terowongan bawah tanah dan sebagainya semua dirancang untuk gravitasi normal. Sebagian besar struktur akan runtuh cukup cepat jika kita melipatgandakan beban (gravitasi) pada mereka. Pohon dan tanaman akan memiliki masalah. Saluran listrik juga akan memiliki masalah. Tekanan udara akan berlipat ganda dan akan memberi efek yang besar pada cuaca.

Jawaban ini menunjukkan betapa gravitasi tidak terpisahkan adalah bagi kehidupan kita. Kita tidak bisa hidup tanpa gravitasi, dan kita tidak mampu bertahan jika ia tiba-tiba berubah. Gravitasi merupakan salah satu dari konstanta sejati dalam hidup kita!

*diterjemahkan secara acak-acakan oleh penulis dari science.howstuffworks.com

**sumber gambar : di sini

13 thoughts on “Bagaimana Jika Tidak Ada Gravitasi di Bumi?

  1. Bagaimana Jika Tidak Ada Gravitasi di Bumi?
    Pasti semua orang akan dapat membayangkan sebuah keadaan yang akan terjadi jika Bumi kehilangan Gaya Gravitasi.

    Pertanyaan tersebut di atas sebenarnya KURANG MENARIK.
    Mungkin tiga pertanyaan di bawah ini cukup menantang bagi orang-orang yang berpikir:
    1) BAGAIMANA TERJADINYA GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    2) BAGAIMANA MENGHILANGKAN GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    3) BAGAIMANA MEMBUAT GAYA GRAVITASI DI PLANET LAIN YG TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI?

    Tentu tidak akan saya jawab disini.
    Sunda memiliki semua jawaban tersebut secara tuntas.
    Selamat berfikir

**Silakan Berkomentar~! ^.^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s