happy time

KRS Semester V dan Resolusi Tahun Ajaran Baru

Tanggal 12 September 2011 akan dimulai lagi semester baruku, dan untuk KRS-an (kartu rencana studi) masih dibuka sampai tanggal 9 September. Nah, untuk semester ini, fakultas kami (fakultas sains dan teknologi – red) menerapkan sistem KRS-an secara online melalui cybercampus. Setauku juga bukan hanya fakultas kami saja, tapi fakultas se-Unair. Melalui penerapan sistem yang baru ini, mahasiswa memang (harapannya) semakin dipermudah. Awalnya saya dibuat bingung memang. Tapi ternyata untuk KRS-an mahasiswa cukup login di situs cybercampus dan bisa diakses dari mana saja. Kemudian dosen wali dapat menyetujuinya tanpa harus ada tatap muka secara langsung. Sistem ini tentu saja sangat membantu teman-teman yang PKL (praktek kerja lapangan – red) yang tidak dapat hadir ke kampus pada tanggal yang ditentukan.

Tapiii, untuk sistem yang bisa dibilang baru bagi kami ini, tentu aja dapet kritikan dan berbagai tanggapan lainnya. Misalnya aja, website cybercampus yang merupakan kunci utama buat mahasiswa agar bisa tetap kuliah di semester selanjutnya ini sering error (menurut pengakuan beberapa teman saya dan saya juga melihat sendiri, bukan mengalami sendiri). Saya sih memaklumi saja, bagaimana server bisa gak error kalau ratusan (atau bahkan mungkin ribuan) mahasiswa mengakses dan menginput data dari dan ke server yang sama? Sangat besar kemungkinan overload di sana. Tapi ya mahasiswa tetep mahasiswa yang masih punya darah muda dan gampang naik darah, maunya terima jadi dan tanpa cacat. Ini terbukti dari komentar-komentar dan berbagai postingan di grup tertutup CyberCampus, mulai dari permintaan konfirmasi, keluhan, omelan, sampai kritikan yang pedes-pedes banget pun ada. Ckckck…

Kendala lainnya yang saya temui adalah keterbatasan database cybercampus. Ketika saya login dan mencoba membuka-buka halaman seperti halaman akademik, transkrip, dan lain-lain, masih banyak halaman yang kosong dan gak karu-karuan isinya. Yah, bisa dimaklumi juga kalau belum semua database ribuan mahasiswa langsung tersedia di usia website yang terhitung muda ini. Gak sedikit juga yang berkomentar untuk kembali ke sistem KRS-an yang lama (sistem manual, gak online – red) karena berbagai ketidakmatangan sistem baru ini. Tapi, semua kendala itu pasti ada alasan logis di baliknya kan? Intinya yaa kalau kita mau sedikit lebih sabar dan berpikiran terbuka, gak ada alasan buat mengolok-olok pihak yang ingin memperbaiki sistem pendidikan di kampus, toh tujuannya untuk mempermudah kita juga kan?

Selanjutnya kembali ke cerita saya ya… Untuk pemilihan matkul kali ini saya benar-benar dibuat bingung. Pertama, saya udah pasti akan mengambil ke-17 sks matkul wajib semester ini. Semester ini juga ternyata dibuka kelas umum (lintas program studi – red) buat matkul Agama Islam II dan Bahasa Inggris II yang merupakan matkul semester VI dan VII. Akhirnya saya deal memilih bahasa inggris aja karena merasa lebih bisa di bidang satu ini, kalau agama II tunggu temen-temen seangkatan ngambil aja biar rame, hehehe. Untuk matkul bidang minat pilihan, pilihanku tertuju pada fisika radiasi, sensor serat optik, dan sistem instrumentasi fisika. Sistem instrumentasi menjadi pilihanku karena aku ingin mengambil bidang minat biofisika dan dosen yang ngajar juga Bu Welina dan Pak Tri, dosen biofisika. Tapi akhirnya aku memilih sensor serat optik karena aku lebih ingin mengkombinasikan biofisika dengan optik daripada konsentrasi di instrumennya.

Dan inilah mata kuliah yang positif saya ambil semester ini…

Bahasa Inggris II (2)

Fisika Eksperimental (2)

Fisika Kuantum (4)

Fisika Radiasi (2)

Fisika Statistik (3)

Listrik dan Magnet (4)

Pemrograman Komputasi (3)

Praktikum Pemrograman Komputasi (1)

Sensor Serat Optik (2)

Dengan rencana untuk mengambil kursus bahasa asing juga di PINLABS plus kewajibanku sebagai Koordinator Kesekretariatan Kuis Fisika 2011 se-Jawa Timur, pasti semester ini bakal menjadi hari-hari yang sangat menantang buatku. Semakin sedikit deh waktu buat main-main, hehehe… Belum lagi tawaran untuk mengajar (les), ikut dalam salah satu ajang penelitian tingkat mahasiswa, juga tanggungan sebagai Menteri PSDM di HIMAFI, yang pasti aku akan ditantang bagaimana mengefisienkan waktu yang kupunya, sekaligus memanage diriku sendiri lebih baik dari sebelumnya. Yah, semoga aku berhasil, dan yang paling penting semester ini jangan sampai ip-ku jeblok lagi seperti semester ganjil yang lalu. Aamiin.. Semangat tahun ajaran baru!!!

**Silakan Berkomentar~! ^.^

