salad days · this is college

Leadership Motivation Training (LMT) 2011

Sedikit cerita si empunya blog tentang pengalamannya menjadi Ketua Panitia acara Leadership Motivation Training (atau biasa disingkat LMT) yang dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu, 16 – 17 Juli 2011.

Jum’at, 15 Juli 2011 : H-1

Sejak pagi, aku sibuk menghubungi teman-teman untuk nanyain persiapan acara besok. Pagi sebelum jumatan aku habiskan buat sms-an sama sasaran kegiatan juga panitia. Jam satu siang aku ngampus, memastikan perijinan ini-itu beres, peminjaman peralatan beres, dan semuanya beres. Jam setengah tiga sore pinjem sofa ke SBAK dan waktu mau ngangkut tuh sofa sempet dikira maling – paling juga karena Yosua (temenku yang ngangkut sofa) cuma pake kaos oblong putih kusam dan sandalan (sumpah, ngakak abis!)

Habis pinjem sofa, nemenin Ilmi mesen konsumsi buat makan siang peserta besok. Setelah dapet dan deal, aku pulang. Mulai jam empat sore sampe jam tujuh malam adalah menit-menit yang berat buatku karena dapet serangan berupa alur kaderisasi terkait acara LMT ini dan lain-lain yang gak bisa diceritakan di sini. Puncaknya, saya akhirnya matiin hape selama satu jam untuk menenangkan diri.

Malamnya, mulai jam dua pagi aku gak bisa tidur lagi entah karena nervous atau apa.

Sabtu, 16 Juli 2011 : LMT hari pertama

Paginya aku cemas gak karuan karena panitia pada kesiangan semua. Start jam tujuh pagi, kerja cuma bertiga (aku, Dina, Mas Didit) buat bersihin ruangan, nata bangku, dan persiapan ini-itu – Mas Didit ngangkatin sofa sendirian dari lantai satu ke lantai tiga! Jam delapan lebih lima menit peserta udah datang – kepanikan dimulai. Snack pagi belum dateng, listrik di sekre hima mati plus printer kehabisan tinta jadi gak bisa ngeprint presensi, juga kekurangan panitia buat ngisi acara di dalam – ya ampuunn!

Dan yang terburuk dari semuanya : pesertanya cuma dan hanya dua belas orang. Satu lusin!

Pemateri pertama hadir, tepat waktu. Materi pertama adalah Leadership atau Kepemimpinan dan diberikan oleh Mas Arifi, mahasiswa FKM (fakultas kesehatan masyarakat) angkatan 2007. Selama acara, saya hampir selalu berada di dalam ruangan. Pemateri cukup baik dan komunikatif – karena beliaunya emang trainer!

Materi kedua adalah Analisis Kondisi Lingkungan oleh Mas Riki Sumardianto atau yang biasa dikenal dengan sebutan Mbah Riki, mahasiswa Fisika angkatan 2004. Kalau yang ini, saya merasa materinya kurang nyampek karena waktunya terlalu banyak terbuang di cerita beliau tentang pengenalan kampus. Memang sih analisis kondisi lingkungan dimulai dengan mengenal baru berlanjut ke kepekaan pribadi, tapiii ceritanya kebanyakan, Mbah…

bersama Mas Arifi
bersama Mas Riki Sumardianto

Selesai acara, langsung ada rapat evaluasi panitia dan besok panitia sepakat datang jam delapan karena acaranya dimulai jam sembilan. Hari ini berakhir dengan kelelahan karena sport jantung dari pagi (haha!), kebagian tugas ngasih kata-kata sambutan sebagai Ketua Panitia, jadi operator laptop buat pemateri pertama, jadi moderator buat pemateri kedua, plus ada acara serah-serahan souvenir buat pemateri yang bikin semuanya jadi aneh bin lucu. Masa’ pematerinya sampe bilang, “Lho, Ketua Panitianya ternyata yang jadi operator tho…” –waduh berantakan!

Minggu, 17 Juli 2011 : LMT hari kedua

Hari ini paginya terhitung nyantai soalnya gak perlu ngangkut perlengkapan lagi ke lantai tiga. Snack sama konsumsi juga datang tepat waktu. Tapi adaa aja kendala. Pemateri pertama buat hari kedua, Mas Heri Suswanto, alumni D3 OSI angkatan 2004 telat satu jam! Sie acara kelabakan ngisi acara karena pesertanya udah pada datang. Akhirnya saya kebagian tugas lagi sebagai MC sehari penuh dan mimpin acara buat presentasi penugasan peserta, dan setelah itu dilanjutkan sama forum group discussion yang dipimpin Dina sebagai moderator. Selain itu, acaranya lancar jaya tanpa hambatan – serasa di tol, hahaha senangnyaaa….

Materi hari ini adalah Manajemen Forum dan Tolak Ukur Keberhasilan yang diberikan oleh Mas Heri Suswanto dan Manajemen Konflik yang diberikan oleh Mas Haris Sunhaji, alumni D3 OSI angkatan 2005.

bersama Mas Haris Sunhaji

Untuk penyerahan souvenir buat Mas Heri Suswanto terpaksa diwakilkan karena terjadi insiden (?) kecil yaitu seekor semut masuk dan mengaduk-ngaduk telinga saya yang kontan saja buat saya kesakitan setengah mati (agak berlebihan). Hehehe…

Satu lagi kejadian yang buat saya ketawa gak karuan adalah : Adi (teman saya, sekjen HIMAFI sekarang) gak bisa ngoperasiin powerpoint waktu dia bertugas sebagai moderator dan gak bisa muter film pake media player. Dia yang biasanya dan selalu aja ngerjain plus nggojloki anak-anak, akhirnya bisa juga dikerjain dalam hal ini. Hahaha…

Setelah acara, diadakan lagi rapat evaluasi panitia dan banyak banget masukan dari sana-sini buat acara ini. Jam lima sore, saya pulang, dan alhamdulillah legaaaaa acaranya udah selesai. Yeaaa!

**Silakan Berkomentar~! ^.^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s