bookworm's

The Grand Design

Kapan dan bagaimana alam semesta bermula?

Mengapa kita ada di dunia ini?

Bagaimana campur tangan Tuhan dalam rancang agung alam semesta?

Judul Asli : The Grand Design

Judul Terjemah : Rancang Agung

Penulis : Stephen Hawking & Leonard Mlodinow

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : 2010

Tebal : 203 halaman

Harga : Rp50.000,00

Dalam buku ini, Stephen Hawking dan Leonard Mlodinow menyajikan pemikiran sains terkini mengenai misteri alam semesta, dalam bahasa nonteknis yang cemerlang sekaligus sederhana. Buku ini adalah buku pedoman yang singkat, jelas, dan menyentak, yang menyajikan penemuan-penemuan yang akan mengubah pemahaman sekaligus mengusik keyakinan, buku ini mencerahkan dan menohok.

Selama membaca buku ini, saya tidak henti-hentinya berhenti untuk sekedar berpikir, mengingat-ngingat tentang fakta dan kajian tertentu, atau bahkan membuka-buka lagi textbook kuliah Fisika Modern semester lalu [Fisika Modern, Kenneth Krane]. Diagram Feynmann, mekanika kuantum, teori relativitas khusus dan umum, M-theory yang kontroversial, persamaan elektromagnetik Maxwell, zona Goldilocks, dan fisika nuklir, hanya merupakan sebagian dari padatnya isi buku ini.

Tapi, perlu hati-hati juga dalam membaca buku yang ditulis oleh Mantan Lucasian Profesor Cambridge University ini, karena seperti yang disebutkan di atas, buku ini menghadirkan segi filsafat yang mengusik keyakinan. Lihat saja sepenggal kalimat penutup buku ini :

“Tak perlu menghadirkan Tuhan untuk memulai alam semesta.”

 Saya merekomendasikan buku ini kepada siapa saja yang ingin meluangkan waktu sejenak untuk mendalami fisika modern dan kuantum di waktu senggangnya – sambil tidur-tiduran dan mendengarkan musik favorit seperti yang saya lakukan – untuk mengetahui salah satu dari sekian banyak persepsi dan teori mengenai awal mula alam semesta dan pertanyaan-pertanyaan paling mendasar bagi manusia.

4 thoughts on “The Grand Design

**Silakan Berkomentar~! ^.^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s