salad days · this is college

Sumpah

Hari ini saya diambil sumpah. Ditarik komitmen. Didiktekan janji. Dibebani tanggung jawab.

Tidak! Salah! Bukan seperti itu…

Hari ini saya mengikrarkan sumpah. Menarik komitmen. Mengucapkan janji. Memanggul tanggung jawab.

Ya, itu yang benar…

Hari ini hari bersejarah bagi saya. Saya telah (seperti yang saya sebutkan di atas) mengikrarkan sebuah sumpah dan berjanji tidak akan melanggarnya. Berat, memang. Setahun bukanlah waktu yang singkat dalam memikul tanggung jawab yang besar (menurut saya).

Tidak, saya bukan mengeluh, sama sekali bukan. Saya hanya takut, gundah, khawatir. Saya yang tidak yakin pada diri saya sendiri ini merasa was-was apakah saya sanggup menjalankan amanah itu dengan sebaik-baiknya. Apakah saya akan tetap dan terus konsisten memegang komitmen itu? Apakah saya tidak akan menggeser skala prioritas yang telah saya buat sendiri karena hal-hal sepele yang mungkin saja akan saya bela di masa mendatang? Apakah ambisi saya untuk selalu meletakkan tanggung jawab di atas hal lainnya akan mampu mengalahkan rasa jenuh, bosan, dan terlebih lagi, lelah? Apakah saya mampu berkorban, dan sejauh apa saya mampu berkorban? Apakah saya mampu ikhlas dan bersabar?

Aku mampu. Dan aku akan.

Amin.

(Surabaya, 17 Januari 2011 – pukul 22.08)

**Silakan Berkomentar~! ^.^

