salad days

Dua Sisi

Reader, kita semua pasti pernah curhat kan, atau setidaknya, mendengarkan curhatan orang lain. Nah, yang akan saya soroti saat ini adalah curhatannya orang lain ke kita. Dalam hal ini, saya.

Terkadang (dan seringkali), ketika seseorang bercerita kepada saya tentang suatu hal, terpikir dalam benak saya bahwa, “apakah itu benar?” meskipun yang bercerita adalah sahabat saya sendiri. Tunggu dulu, ini bukan berarti saya selalu mencurigai orang lain, bukan. Hanya saja, perlu kan mendengarkan keseluruhan cerita agar kita dapat mengambil langkah yang tepat ke depannya?

Maksud saya seperti ini, ketika seseorang bercerita, katakanlah si A sedang memiliki masalah dengan si B. Si A bercerita begini-begitu kepada saya. Meskipun si A telah mengatakan semua detailnya, tetap saja, saya merasa harus juga mendengarkan cerita itu menurut versi si B. Tidak adil rasanya jika saya langsung memvonis begini-begitu juga.
Ya, inilah keadaan idealnya. Realitanya? Sulit.

Imbasnya bagaimana? Ketika seorang ibu menangis mendengarkan cerita anaknya yang telah disakiti, si ibu akan memiliki persepsi tersendiri terhadap yang menyakiti anaknya. Padahal, belum tentu sebenarnya demikian. Ketika seorang lelaki cemburu buta melihat kekasihnya bersama dengan lelaki lain, bisa saja si lelaki juga langsung membentuk persepsinya sendiri. Padahal, lagi-lagi, keadaan sebenarnya belum tentu demikian. Karena itu, pentinglah bagi kita untuk melihat kedua sisinya terlebih dahulu, sebelum memvonis, menghakimi, atau sekedar membentuk persepsi terhadap seseorang.

Setiap tokoh dalam suatu cerita, pasti memiliki bahasanya sendiri bagaimana dia menceritakan skenarionya. Lihatlah di kedua sisi. Dengarlah kedua versinya. Meskipun, sebenarnya, skenarionya hanya ada satu.

One thought on “Dua Sisi

**Silakan Berkomentar~! ^.^

