bookworm's

The Alchemyst : Nicholas Flamel

The Alchemyst merupakan judul novel karya Michael Scott yang merupakan buku pertama dari serial The Secret of the Immortal Nicholas Flamel. Ya, ini dia novel yang baru saja saya baca. Awalnya penulis melihat ulasan mengenai buku ini di sebuah majalah. Yang membuat saya menjadi sangat tertarik membacanya adalah munculnya sebuah nama dalam legenda yang telah lama menjadi misteri : Nicholas Flamel.

Nicholas Flamel lahir pada tanggal 23 September 1330. Beliau adalah seorang alkemis terkenal pada masanya. Beliau berusaha membuat ramuan untuk hidup abadi dan mengubah logam biasa menjadi emas murni. Alkemis itu sendiri merupakan gabungan ilmu kimia, kedokteran, dan botani. Sebagian muridnya merupakan orang-orang terkenal maupun ilmuwan masyhur. Beliau dicatat meninggal dunia pada tahun 1418, menyusul kematian istri beliau beberapa saat sebelumnya, Perenelle Flamel. Nah, di sinilah akhir faktanya. Pembaca boleh mengetik nama tersebut di mesin pencari raksasa Google dan menemukan puluhan ribu artikel tentangnya. Tapi, faktanya hanya sampai di sini.

Mulai dari sini, semua hanyalah legenda atau cerita yang belum bisa dibuktikan kebenarannya. Nah, saat kuburan suami-istri Flamel dibongkar, ternyata kosong! Inilah yang menimbulkan spekulasi di mana-mana kalau pasangan Flamel masih hidup berkat keberhasilannya menemukan formula ramuan hidup abadi (Batu Bertuah).

Bagi pembaca yang menggemari Harry Potter maupun karyanya Dan Brown yaitu Angels & Demons dan The Da Vinci Code, pasti pernah mendengar nama Nicholas Flamel di novel-novel tersebut. Ya, pada Harry Potter and The Sorcerer’s Stone, Nicholas Flamel merupakan rekan kerja Albus Dumbledore dan menitipkan Batu Bertuah miliknya pada Albus Dumbledore untuk dijaga karena Lord Voldemort mengincar batu itu. Pada novel karya Dan Brown, nama Nicholas Flamel dicatat sebagai salah satu anggota Biarawan Sion.

Nah, di novel The Alchemyst : The Secret of the Immortal Nicholas Flamel ini, pasangan Flamel dikisahkan masih hidup sampai saat ini dengan menyamar sebagai Nick dan Perry Fleming. Mereka kemudian terlibat suatu petualangan bersama Josh dan Sophie Newman, sepasang anak kembar yang memiliki bakat khusus dan Scatach, petarung legendaris untuk menyelamatkan dunia dari Dr. John Dee dan sekutu-sekutunya yang ingin mencuri buku Abraham the Mage (Abraham Sang Magus).

Bagi para pembaca yang suka dengan kisah-kisah petualangan dan fantasi, buku ini cukup layak dibaca. Ceritanya seru, penggambaran setiap detailnya mengagumkan. Kita dibuat bertanya-tanya yang mana fiksi, yang mana fakta. Selain tokoh Josh dan Sophie Newman, semua tokoh dalam cerita ini benar-benar ada, atau setidaknya, merupakan tokoh mitos atau legenda. Seperti yang saya katakan tadi, pembaca bisa mencari nama Scatach, John Dee, dan tokoh-tokoh lainnya dan menemukan banyak versi kisah tentang mereka. Michael Scott memang pakar mitos dan legenda. Scott mengemasnya dalam cerita yang sangat menarik.

Ceritanya juga tidak berakhir di buku ini. Ada lanjutannya, The Magician : The Secret of the Immortal Nicholas Flamel yang belum sempat penulis baca. Hehehe… Kalau sudah ada yang pernah membaca dan ingin sharing, silakan. Atau kita tunggu aja ulasan selanjutnya 🙂

4 thoughts on “The Alchemyst : Nicholas Flamel

**Silakan Berkomentar~! ^.^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s