wanna watch?

1 Litre of Tears : Film Favoritku

Aku memang nggak tau apa bedanya film, drama, movie, sinema, dan lain sebagainya. Tapi, tontonan yang sampai saat ini masih menjadi favoritku adalah sebuah drama keluarga Jepang berjudul “1 Litre of Tears” atau dalam judul aslinya, Ichi Rittoru no Namida.

Drama ini mengambil tema yang ringan, yaitu kekeluargaan, persahabatan, cinta, dan kemanusiaan. Namun benar-benar sarat hikmah. Satu hal yang sangat ditekankan dalam drama ini adalah perjuangan. Drama ini diharapkan menyampaikan pesan sederhana namun bermakna dari Aya, “just being alive is such a lovely and wonderful thing”.

1 Litre of Tears menceritakan tentang kehidupan seorang gadis remaja yang saat didiagnosis menderita penyakit langka Spinocereberal Degeneration (atau kadang-kadang disebut Spinocereberal Atrophy) ia berusia 15 tahun, kelas 1 SMA. Kehidupannya yang semula cemerlang berubah karena penyakit itu. Semula ia adalah seorang gadis cantik yang pintar, jago basket, dan disukai orang-orang di sekelilingnya. Namun ia harus menghadapi kenyataan bahwa tubuhnya lambat laun akan lumpuh dan ia tidak bisa berbicara. Di sinilah terlihat bagaimana perjuangannya untuk bertahan hidup, kasih sayang dan keikhlasan keluarga dalam merawatnya, kesabaran sahabat dalam mendampinginya, dan perhatian dari seorang laki-laki yang mencintainya.

Drama ini diangkat dari kisah nyata, berdasarkan buku harian seorang gadis yang menderita penyakit yang sama sekitar tahun 1980-an, bernama Kitou Aya. Dalam drama, gadis ini bernama Ikeuchi Aya dan diperankan oleh Sawajiri Erika. Setting waktu dan tempat pun diubah menjadi sekitar tahun 2005. 1 Litre of Tears terdiri dari 11 episode, yang masing-masing berdurasi sekitar 35-45 menit.

Saya sangat menyukai drama ini karena nilai-nilai yang ditanamkan sangat mudah dipahami dan dekat dengan kehidupan kita. Dan lagi, judul drama ini sangat sesuai dengan isinya! 1 Litre of Tears, saya benar-benar dibuat menangis berkali-kali ketika menonton drama ini. Bahkan, setelah 5 kali menonton pun, saya masih menitikkan air mata di adegan-adegan tertentu. Ada 3 adegan yang menurut saya paling mengharukan :

1. Ketika di jembatan, saat hari bersalju. Waktu itu teman-teman Aya baru saja membicarakannya di kelas dan Asou membelanya. Aya mendengar semuanya. Asou mendorong kursi roda Aya sampai jembatan dan di situ Aya menumpahkan tangisannya. Akhirnya Aya memutuskan untuk pindah.

aya & asou di jembatan, aya memutuskan pindah ke sekolah berkebutuhan khusus

2. Ketika Ako memarahi Hiroki karena merasa malu dengan kondisi Aya dan tidak membela Aya ketika kakaknya itu diejek teman-temannya.

3. Ketika Asou membaca ‘surat cinta’ dari Aya yang ternyata permintaan untuk berpisah dengannya dan tidak menemuinya lagi. Bersamaan dengan adegan itu, adegan ketika Aya bertanya kepada ibunya di rumah sakit, “watashi kekkon dekiru?” yang artinya kurang lebih, “apa aku bisa menikah?”.

asou menangis saat membaca surat 'cinta' dari aya

Saya secara pribadi sangat mengidolakan sosok Asou Haruto, seorang laki-laki teman sekelas Ikeuchi Aya yang pada akhirnya mencintai Aya. Asou-kun, demikian ia sering dipanggil oleh Aya, pada mulanya adalah seorang teman yang aneh. Seiring berjalannya waktu, ia mulai memperhatikan Aya dan akhirnya jatuh cinta padanya. Ia justru mencintai Aya setelah mengetahui penyakit Aya! Dan perasaan ini tetap ada meski Aya telah tiada. Asou memang bukan tipikal pria romantis, tetapi ia mempunyai caranya sendiri dengan kondisi Aya yang seperti itu. Dan lagi, Asou yang semula benar-benar tidak ingin menjadi dokter (seperti ayahnya), memutuskan untuk menjadi dokter karena ingin membantu Aya!

Dalam drama, Asou Haruto diperankan oleh Nishikido. Kontan saja, setelah menonton drama ini, saya langsung mencari drama dan film-film lain yang diperankan olehnya. Maklum, jadi sedikit nge-fans juga dengan pemerannya. Hehehe…

Nishikido Ryo - pemeran Asou Haruto

Salah satu soundtrack drama ini adalah Konayuki yang dibawakan oleh Remioromen yang menjadi theme song khusus Aya dan Asou. Sampai saat ini juga, Konayuki merupakan lagu kesukaan saya 🙂

Oke, kali ini sekian dulu. Posting kali ini memang ditujukan untuk membahas 1 Litre of Tears dari sudut pandang saya sebagai penggemarnya. Hehe… Untuk sinopsis cerita dan lain-lain insyaAllah akan saya ulas di postingan selanjutnya. Drama ini benar-benar bagus dan mengharukan. Saya merekomendasikannya kepada mereka yang mencari tontonan sarat makna kehidupan, bertemakan kemanusiaan, dan menguras air mata. Selamat menonton! 🙂

3 thoughts on “1 Litre of Tears : Film Favoritku

**Silakan Berkomentar~! ^.^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s