salad days

1 Hal yang Kupelajari Hari Ini…

1 Hal yang Kupelajari Hari Ini…

Jika yang kuinginkan adalah hal-hal besar dan banyak, maka aku harus memperbanyak pengorbananku dan kebaikanku pada orang lain.

Aku memiliki banyak mimpi. Aku punya cita-cita besar. Aku memiliki kesempatan yang sama dengan orang lain. 24 jam dalam sehari. Tapi bagaimana memanfaatkannya, itu semua tergantung diriku sendiri. Apakah aku akan menghabiskan 7 jam setiap malamnya untuk tidur dan bermain dalam mimpi, atukah aku akan menghabiskannya untuk memperbanyak pengorbananku, itu semua tergantung diriku.

Aku, dan teman-temanku, memiliki kesempatan yang sama, mengambil mata kuliah yang sama, mengemban tugas perkuliahan yang sama pula. Jika sehabis kuliah mereka langsung pulang, mengerjakan tugas dan belajar, sedangkan aku masih harus mengurus keperluan-keperluanku yang lain di kampus, maka untuk mengimbanginya aku harus berkorban lebih. Jika waktu yang mereka habiskan untuk belajar, kuhabiskan untuk bergorganisasi, maka aku harus memanfaatkan waktu tidur mereka sebagai waktu belajar. Itulah satu-satunya cara agar aku mampu mengejar mereka.

Aku tidak menganggap pengorbananku berlebihan. Aku tidak menganggap pengorbanan ini membuatku seperti menganiaya diri sendiri. Aku tidak menganggap pilihanku salah. Biarlah manusia hidup dengan persepsi masing-masing.

Setiap orang ingin menjadi yang terdepan, begitu pula aku. Terlebih, aku tidak ingin ditinggalkan sendirian di belakang. Menjadi seseorang yang menatap iri teman-teman sejawatnya menuai kesuksesan dari belakang, sungguh sakit rasanya, terlebih, itu memalukan bagiku. Jika pengorbanan-pengorbanan itu membuatku lelah, biarlah. Jika pengorbanan-pengorbanan itu membuatku jenuh, biarlah. Akan kuatasi itu semua dengan satu cambukan : AKU TIDAK INGIN TERTINGGAL DI BELAKANG.

1 hal yang kupelajari hari ini. Karena aku memiliki banyak mimpi dan cita-cita besar, maka aku harus memperbanyak pengorbananku. Pada akhirnya, aku berharap, dan aku yakin, DIA melihat usahaku, dan DIA lebih memperhatikan jalan yang kutempuh, bukan hasil akhir yang kudapat.

5 thoughts on “1 Hal yang Kupelajari Hari Ini…

  1. Assalamu’alaikum
    Bagi organisatoris menyeimbangakan antara kuliah dan organisasi adalah hal tersulit, tetapi bukan berarti tidak bisa. Jika kita bisa, maka ada nilai plus bagi kita. IPK bagus, kemampuan organisasi pun bagus. Ya karena setelah keluar dari kampus ilmu organisasi seringkali mengalahkan tingginya nilai IPK. Sudah banyak bukti. Teruslah berjuang.

**Silakan Berkomentar~! ^.^

